Subhanallah... Inilah Pahala Besar Mengucapkan AMIN Setalah Imam Membaca Al-Fatihah...


Salat berjamaah mempunyai banyak keutamaan. Salah satunya adalah pahala yang didapatkan sampai 27 kali lipat. Shalat ini dipimpin oleh seorang imam yang diikuti oleh beberapa makmum yang ada dibelakangnya. 

Pada beberapa waktu shalat, imam membacakan surat Alfatihah dengan mengeraskan suara. Waktu akhir kalimat dari surat itu, para makmum akan menyambutnya dengan kata ‘Aamiin’. Imam lalu meneruskan dengan bacaan surat pendek. 

Di antara kita tentu pernah malas-malasan mengucapkan kata aamiin ini. Atau sengaja mengatakan dengan lirih sampai suara tak terdengar. Walau sebenarnya ada faedah besar di balik ucapan pendek itu. Apa sajakah faedahnya? Itu ringkasannya. 

Hukum dar imengucapkan lafadz aamiin waktu usai membaca Al Fatihah yakni sunnah (disarankan) untuk imam serta makmum. Bacaan ini disampaikan dengan cara keras pada salat subuh, Maghrib, serta Isya. Ternyata bukan sekedar dalam salat, umat Islam juga di sunnahkan untuk mengatakan aamiin usai membaca Al Fatihah di luar salat. 

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Disunnahkan untuk yang membaca surat Al Fatihah untuk mengucapakan aamiin setelah membacanya. Ulama Syafi’iyah serta ulama yang lain mengatakan kalau disarankan menyampaikan aamiin untuk orang yang membaca Al Fatihah di luar shalat, ditambah lagi bila didalam shalat, baik ia shalat sendiri (munfarid), sebagai imam, maupun sebagai makmum, begitu pula di kondisi yang lain. ” (Tafsir Ibnu Katsir, 1 : 144-145) 

Perkataan aamiin yakni satu doa yang berarti ‘kabulkan doa kami Yaa Allah. Ternyata dengan mengatakan ini manusia peroleh banyak manfaat. Pasalnya bukan sekedar imam serta makmum saja yang mengatakan kalimat itu. Namun malaikat juga turut mengatakan lafadz aamiin ini. 

Banyak dalil yang memberikan bila malaikat turut dan mengatakan aamiin usai imam membaca surat pertama dalam Alquran ini. Diantara dalil yang menunjukkan hal itu diantaranya seperti berikut. 

“Jika salah seorang diantara kalian mengatakan ‘aamiin’, jadi para Malaikat di langit mengatakan ‘aamiin’, selanjutnya yang satu pas dengan apa yang disampaikan yang lainnya, jadi dosanya yang sudah lalu akan diampuni. ” Shahiih al-Bukhari kitab al-Adzaan bab Fadhlut Ta'-miin (II/266). 

Al-Imam al-Bukhari meriwayatkan dari ‘Atha' bila kata aamiin yaitu satu do’a. Bila lalu malaikat juga mengatakan aamiin, itu berarti mereka memohon agar Allah mengabulkan doa manusia atau lebih tepatnya Ya Allah, kabulkanlah permintaan mereka. ” 

Sungguh, Allah SWT berikan keringanan untuk mencapai pahalanya menuju surga. Namun manusia sering lupa serta meremehkan keringanan yang Allah berikanlah. Walau sebenarnya hidup bukan sekedar di dunia saja, namun ada akhirat sebagai hari pembalasan untuk semuanya amal baik dan buruk yang kita lakukan. Jadi jangan sia-siakan peluang memperoleh ampunan ini. Terima kasih sudah membaca.
Subhanallah... Inilah Pahala Besar Mengucapkan AMIN Setalah Imam Membaca Al-Fatihah... Subhanallah... Inilah Pahala Besar Mengucapkan AMIN Setalah Imam Membaca Al-Fatihah... Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 20.00 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech