Masya Allah... Ingin Masuk Surga?? Bacalah 4 Keutamaan Ayat Kursi Ini Secara Rutin


Di bawah ini akan kami paparkan 4 Keutamaan Ayat Kursi Menurut Sunnah Rasulullah SAW. Keutamaan ayat kursi seperti dijelaskan Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya, 

“Ayat kursi ini mempunyai kedudukan yang begitu agung. Dalam hadits sahih dari Rasulullah SAW dijelaskan kalau Ayat Kursi adalah ayat teragung ada dalam Al-Qur’an” (Tafsir Al-Quran Al-‘Azhim). 

Sangat banyak keutamaan dari pada ayat kursi. Di sini hanya di uraikan 4 Keutamaan Ayat Kursi Menurut Hadis Rasulullah SAW. 

1. Ayat Kursi Yaitu Ayat yang Paling Agung Dalam Al-Quran 
Keutamaan membaca ayat kursi yang pertama yaitu kisah dari Rasulullah SAW bertanya pada Ubay. Melihat Pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah SAW pada Ubay bin Ka’ab, 

“Ayat manakah yang paling agung dalam kitabullah? ” Ubay menjawab, “Ayat kursi. ” Maka Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay dan lalu berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan pengetahuan yang engkau miliki. ” (HR. Muslim). 

Ayat Kursi ini dikategorikan sebagai ayat yang paling agung, ini disebabkan didalamnya ada nama Allah SAWT yang paling agung, yakni Al-Hayyu serta Al-Qayyum. 

2. Keagungan Ayat Kursi Melebihi Langit serta Bumi 
Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah Allah SWT menciptakan langit serta bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena didalam ayat kursi itu sudah mencakup Nama serta Sifat Allah SWT) ” 

Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi ini adalah (salah satu) kalamullah (perkataan Allah SWT), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah SWT yang berupa langit serta bumi” (HR. At-Tirmidzi) 

3. Ayat Kursi yaitu Salah Satu Bacaan Zikir Sebelum Tidur 
Nabi Muhammad SAW bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari), bacakanlah Ayat Kursi, niscaya Allah SWT akan selalu menjagamu serta Syaitan tidak akan mendekatimu sampai waktu pagi” (HR. Al-Bukhari). 

Jadikanlah Ayat kursi ini sebagai zikir rutin yang di baca saat akan tidur. Selain itu, ayat kursi yang ada dalam Al-Qur’an ini juga termasuk bacaan dzikir pagi serta petang. 

4. Salah Satu Sebab Masuk Surga 
Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tiada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani). 

4 Keutamaan Ayat Kursi Menurut Hadits Rasulullah SAW telah kita ketahui. Jika kita merutinkan dalam membacanya, maka kita akan memperoleh keutamaan yang begitu banyak dari ayat itu. 

Seharusnya setiap umat Islam bersemangat dalam melakukan perbuatan yang bermanfaat untuk dirinya, khusus untuk akhirat. Ayat Kursi sendiri bukanlah ayat yang paling mudah untuk kita hafal. Semoga Allah SWT mudahkan kita untuk mengamalkannya. Amin..
Masya Allah... Ingin Masuk Surga?? Bacalah 4 Keutamaan Ayat Kursi Ini Secara Rutin Masya Allah... Ingin Masuk Surga?? Bacalah 4 Keutamaan Ayat Kursi Ini Secara Rutin Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 09.51 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech