Bung Karno : Perjuanganku Lebih Mudah Karena Mengusir Penjajah! yang Terberat Adalah Melawan Jajahan Bangsa Sendiri Yang Berkolaborasi Dengan Bangsa Asing!! YANG SETUJU SHARE


Mengikuti berita-berita ke Indonesiaan kita saat ini, saya selalu terkenang-kenang tulisan Prof Veth, seperti diambil oleh Bung Karno dalam salah satu tulisannya yang terkompilasi dalam buku " Di Bawah Bendera Revolusi ". 

Prof Veth menyampaikan kalau orang-orang di tanah Nusantara tak pernah merdeka.. senantiasa datang tuan-tuan ke tanah Nusantara dari beragam bangsa.. 

Penjajahan silih berganti hanya berganti warna.. serta yang terberat memang seperti disebutkan oleh Bung Karno sendiri, yakni penjajahan oleh bangsa sendiri yang bekerjasama dengan bangsa-bangsa diluar sana. 

Coba lah renung-renungkan puisi Prof Veth untuk menggambarkan kondisi tanah jawa berikut ini : 


Dipantainya tanah Jawa yang berdesak-desakan, Datang selalu tuan-tuannya setiap masa, Mereka beruntun-untun sebagai runtunan awan, Namun anak pribumi sendiri tidak pernah kuasa. 

Apa yang anda rasakan dari puisi prof Veth di atas? Telah tiba kah masanya di mana pribumi benar-benar merdeka? Lapangan kerja di buka dimana-mana, namun bukanlah buat mereka. 

Sumber daya alam yang mengagumkan kita miliki.. namun kita tidak kuasa atasnya.. 

Saya yakin kalau tak ada bangsa yang dapat dijajah bila mereka tidak ingin dijajah. Jadi, selalu lah tanamkan dalam jiwa kalau kita bangsa yang merdeka.. kita bakal melawan penjajahan dari manapun datangnya.. termasuk dari bangsa kita sendiri, yakni bila mereka lebih ikhlas menyerahkan sumberdaya kita untuk sebesar-besarnya kesejahteraan bangsa asing dari pada untuk mensejahterakan bangsa sendiri. 

Bogor 21. 12. 2016 

(Mukhamad Najib)
Bung Karno : Perjuanganku Lebih Mudah Karena Mengusir Penjajah! yang Terberat Adalah Melawan Jajahan Bangsa Sendiri Yang Berkolaborasi Dengan Bangsa Asing!! YANG SETUJU SHARE Bung Karno : Perjuanganku Lebih Mudah Karena Mengusir Penjajah! yang Terberat Adalah Melawan Jajahan Bangsa Sendiri Yang Berkolaborasi Dengan Bangsa Asing!! YANG SETUJU SHARE Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 19.06 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech