BOLEHKAN BERWUDHU DI DALAM KAMAR MANDI YANG ADA WC NYA?? INI JAWABAN PARA ULAMA DAN LENGKAP BESERTA PENJELASANNYA


Pada intinya tak ada larangan berwudhu di kamar mandi. Tetapi yang menjadi permasalahan yaitu terkait dengan pembacaan basmalah sebelum berwudhu didalam kamar mandi yang ada WC-nya. Karena membaca basmalah disyariatkan sebelum melakukan segala hal yang penting (baik). 

Rasulullah saw bersabda, “Segala urusan penting yang tidak diawali dengan basmalah, maka ia terputus. ” (HR Abu Daud). Rasulullah saw. juga bersabda, “Tidak ada wudhu untuk yang tidak menyebutkan nama Allah di dalamnya. ” (HR Abu Daud). Dari kedua hadits ini sebagian ulama berpandangan kalau membaca basmalah sebelum wudhu yaitu wajib, sementara sebagian lagi berpandangan kalau ia merupakan sunnah. 

Disamping itu dalam hadits lain, yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra. dijelaskan bahwa Rasulullah saw. apabila akan masuk ke tempat buang air (khala’) melepas cincinnya. (HR. Abu Dawud, Turmudzi, Nasa’i serta Ibnu Majah). Rasulullah saw. melepas cincinnya karena kepadanya tercatat kalimat “Muhammadur Rasulullah”. Bila lafadz Allah saja tak bisa dibawa kedalam toilet terlebih membacanya. 

Berdasarkan dalil-dalil diatas, maka untuk yang menganggap bacaan basmalah sebagai sunnah, boleh tak di baca jika berwudhu di kamar kecil, terlebih bila kamar kecilnya begitu kotor. Tetapi, untuk mereka yang menganggap membaca basmalah yaitu wajib hukumnya, maka sebaiknya di baca dengan sirr (didalam hati), atau di baca sebelum masuk kamar mandi, atau bila kamar mandinya bersih bisa juga di baca dengan suara jahr (terdengar). 

Lalu bagaimana dengan doa setelah wudhu? Sebaiknya di baca diluar kamar mandi. Jadi kesimpulannya, bisa berwudhu di kamar mandi dengan ketentuan seperti diatas.
BOLEHKAN BERWUDHU DI DALAM KAMAR MANDI YANG ADA WC NYA?? INI JAWABAN PARA ULAMA DAN LENGKAP BESERTA PENJELASANNYA BOLEHKAN BERWUDHU DI DALAM KAMAR MANDI YANG ADA WC NYA?? INI JAWABAN PARA ULAMA DAN LENGKAP BESERTA PENJELASANNYA Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 19.31 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech