Anda Pernah Berz1na?? Lakukanlah 3 Amalan Ini, InsyaAllah Akan Diampuni Allah SWT Dosanya


Setiap umat muslim sudah tahu kalau perbuatan zina adalah perbuatan yang termasuk dalam kategori dosa besar. Allah SWT melarang manusia untuk mendakati zina (terlebih mengerjakannya). Perbuatan ini akan menyeret manusia dalam jurang kesesatan. 

Seorang yang melakukan z1na akan hina dihadapan Allah SWT serta akan hina di mata orang lain. Alangkah baiknya jangan sampai mendekati zina, terlebih hingga mengerjakannya. 

Tak dapat disangkal, sudah sering kita melihat para remaja ataupun dewasa telah dicecoki kehidupan yang modern seperti kebarat-baratan. Zin4pun telah merambat anak umur SMP, SMA sampai kuliah. Kehidupan yang bebas, tak ada pengawasan orangtua atau didikan yang baik dari orangtua, mereka melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Telah banyak umat muslim terperosok dalam perbuatan ini. Bahkan mereka tak malu lagi mengerjakannya di depan orang banyak. 

Lalu benarkah sesungguhnya Allah SWT akan mengampuni dosa z1na? 

Firman Allah SWT yang artinya : “Katakanlah : “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, jangan sampai kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, serta berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu lalu kamu tidak bisa ditolong (lagi). ” (QS. Az Zumar : 53-54). 

Ayat di atas menjelaskan Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa semuanya. Allah SWT Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Hanya kepada Allah tempat kita berserah diri, memohon ampunan atas dosa-dosa yang kita kerjakan baik yang sengaja, tak sengaja, sebesar debu sampai dosa seluas lautan. 

Setiap manusia telah berkewajiban untuk memohon ampunan dan bertaubat pada Allah SWT. Janganlah 1/2 atau main-main dalam memohon ampunan pada Allah, kerjakanlah dengan kesungguhan hati dan keikhlasan hati. Berikut 3 prasyarat yang harus dipenuhi setiap muslim, Insya Allah dosa zina bakal diampuni, amin. Berikut penjelasannya : 

1. Taubat 
Firman Allah SWT yang artinya 

: “Tidaklah mereka tahu, sesungguhnya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya? ” (QS. At Taubah : 104). 

Sudah kewajiban untuk taubat memohon ampunan kepada Allah bila berbuat dosa. Dari arti ayat di atas Allah menerima taubat hamba-hamba-Nya. Taubatlah dengan sungguh-sungguh dalam hatimu dan akan menjauhi perbuatan zina. Orang yang bertaubat tidak akan lagi mengulangi dosa (maksiat) perbuatan z1na. Tak pernah lagi mendekati perbuatan itu. Taubatlah dengan taubat Nasuha. Allah akan membukakan pintu maaf untuk setiap hamba yang bersungguh-sungguh kepada-Nya. 

2. Menyesal 
Firman Allah SWT yang artinya : “Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan serta menganiaya dirinya, lalu ia mohon ampun pada Allah, pasti ia merasakan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ” (QS. An Nisa’ : 110). 


Selain berhenti untuk melakukan serta mendekati perbuatan z1na (maksiat yang lain). Seorang hamba yang ingin dosanya terhapus serta dimaafkan oleh Allah SWT, memiliki rasa penyesalan dalam hati atas perbuatan zina itu. Karena begitu menyesal, tentunya tidak akan pernah mengulanginya lagi di masa mendatang. Serta selalu memohon ampunan serta rahmat dari Allah SWT. 

3. Tak melakukan kemaksiatan lagi 
Firman Allah SWT yang artinya : “Sesungguhnya orang-orang munafik itu (diletakkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun untuk mereka. Kecuali orang-orang yang taubat serta mengadakan perbaikan serta berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar. ” (QS. An Nisa’ : 145-146). 

Sudah keharusan untuk setiap orang yang bersungguh-sungguh memohon ampun serta bertaubat pada Allah SWT tak akan akan mengulangi perbuatan zina (maksiat) yang dikerjakannya. Serta selalu senantiasa membenteng diri dari perbuatan-perbuatan maksiat dengan memohon perlindungan dari Allah SWT. 

Sahabat renungan Islam, Allah SWT begitu sangat menyayangi hamba-hamba-Nya serta menerima taubat hamba-Nya yang bersungguh-sungguh. Bersegeralah bertaubat, Jangan menunda-nunda untuk bertaubat serta jangan sampai berputus harapan. Firman Allah SWT yang artinya : “Dan kembalilah kamu pada Tuhanmu, serta berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab padamu lalu anda tidak bisa ditolong (lagi). ” (QS. Az Zumar : 53-54). 

Dengan kesungguhan hati, penyeselan yang mendalam dan ikhlas bertaubat serta memohon ampunan pada Allah SWT. Insya Allah akan diampuni. Amin 

Semoga bermanfaat, Jazakumullah.
Anda Pernah Berz1na?? Lakukanlah 3 Amalan Ini, InsyaAllah Akan Diampuni Allah SWT Dosanya Anda Pernah Berz1na?? Lakukanlah 3 Amalan Ini, InsyaAllah Akan Diampuni Allah SWT Dosanya Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 09.28 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech