UNTUK PARA ORANG TUA DILUAR SANA, RENUNGKANLAH : ANAK DURHAKA PADA KEDUA ORANG TUA, CARA MENDIDIKNYA YANG SALAH ATAU KARENA KARMA??


Sebab-sebab Anak Durhaka 
Banyak faktor yang menyebabkan anak melakukan kedurhakaan pada orang tuanya, salah satunya : 

1. Kebodohan 
Kebodohan yaitu penyakit yang mematikan, dan orang bodoh yaitu musuh untuk dirinya sendiri. Jika seseorang tak tahu akibat dari kedurhakaan serta hasil yang didapat dari berbakti pada kedua orangtua, baik secara langsung maupun tak langsung, maka hal itu akan membawa seseorang pada kedurhakaan serta memalingkan dari berbakti. 

2. Pendidikan Buruk 
Orangtua yang tidak mendidik anak-anaknya supaya bertakwa, berbakti, menyambung silaturrahim, serta mencari kemuliaan, maka hal itu akan membawa mereka pada sikap membangkang serta durhaka. 

3. Ada pertentangan 
Kedua orangtua mengajarkan sesuatu kepada anak-anaknya, walau demikian keduanya tak mengamalkan apa yang sudah mereka sampaikan, bahkan terkadang keduanya melakukan hal yang bertentangan dengan hal itu. Perkara ini akan memancing sang anak untuk melakukan pembangkangan serta kedurhakaan. 

4. Memperlakukan anak-anak secara buruk 
Perbuatan berikut yang akan merusak anak-anak serta jadikan mereka berbuat durhaka. Demikian halnya hal itu akan menjatuhkan martabat orangtua serta melemahkan pengaruh keduanya dalam mendidik anak. 

5. Kedurhakaan orangtua pada ibu-bapaknya 
Hal ini adalah salah satu sebab terjadinya kedurhakaan pada orangtua. Jika orangtua durhaka pada ibu-bapaknya (kakek serta nenek sang anak), pasti keduanya akan dihukum dengan kedurhakaan anak-anak mereka padanya. Hal ini kerap terjadi lantaran dua faktor : 

Lantaran anak-anak akan mengikuti orang tuanya dalam berbuat durhaka 
Balasan diberikan sesuai sama jenis amalannya. 

6. Minimnya ketakwaan pada Allah ketika terjadi perceraian 
Ada sebagian orangtua jika mengalami perceraian, maka keduanya tak bertakwa kepada Allah Ta’ala, hingga perceraian antara keduanya juga terjadi dengan cara tak baik. 

Walau demikian, yang Anda temui, kalau masing-masing dari keduanya (bapak-ibu, -ed) akan menjelek-jelekan keduanya dihadapan anak-anaknya. Bila anak-anak pergi menjumpai sang ibu, maka sang ibu akan mengatakan keburukan ayahnya, lalu awalilah dia mengajak untuk membenci serta menjauhi ayahnya. Demikian halnya bila sang anak-anak pergi menjumpai sang ayah, maka sang bapak akan berbuat seperti apa yang diperbuat ibunya. 

Mengakibatkan, anak-anak akan durhaka pada kedua orang tuanya. Pemicunya yaitu kedua orangtua tersebut, seperti apa yang disebutkan oleh Abu Dzuab Al-Hadzli : 

Jangan sampai engkau marah pada satu perbuatan yang engkau juga turut mengerjakannya, 

Sebenarnya orang yang layak memperoleh keridhaan yaitu orang yang mengamalkan sunnah. 

—————————————————————————– 
Diketik lagi dari buku “Relakah Anakmu Durhaka? ” karya Hamad Hasan serta Muhammad bin Ibrahim
UNTUK PARA ORANG TUA DILUAR SANA, RENUNGKANLAH : ANAK DURHAKA PADA KEDUA ORANG TUA, CARA MENDIDIKNYA YANG SALAH ATAU KARENA KARMA?? UNTUK PARA ORANG TUA DILUAR SANA, RENUNGKANLAH : ANAK DURHAKA PADA KEDUA ORANG TUA, CARA MENDIDIKNYA YANG SALAH ATAU KARENA KARMA?? Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 19.23 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech