Luar Biasanya Amalan Ini... Inilah 6 Amalan Yang Pahalanya Setara Dengan 7 Kali Ibadah Haji,, Masya Allah....


Melakukan ibadah haji ke tanah suci menjadi impian untuk setiap umat islam. Walau demikian, tak semua bisa pergi kesana lantaran Allah belum menakdirkannya. Tetapi janganlah putus harapan lantaran setiap umat islam berpeluang untuk memperoleh pahala yang setara ibadah haji. 

Berikut adalah 6 amalan yang berpahala ibadah haji tetapi tak menggugurkan kewajiban untuk berhaji untuk yang mampu. 

1. Melakukan Shalat Fardhu di Masjid Secara Berjamaah
Keterangan yang menyebutkan kalau shalat berjamaah di masjid berpahala haji ada dalam hadist dari Abi Umamah Radhiyallahu ‘Anhu. 

Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang berjalan menuju shalat fardhu berjamaah, maka ia seperti haji. Dan siapa saja yang berjalan menuju shalat sunat, maka ia seperti umrah sunah. ” (HR Ath Thabrani). 

2. Berbuat Baik Kepada Orang Tua
Berbuat baik pada kedua orangtua tidak hanya menjadi sebuah kewajiban untuk seorang anak, tetapi dapat juga menghadirkan pahala yang setara dengan berhaji. 

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, seorang laki-laki datang kepada Rasulullah serta berkata, “Sesungguhnya aku ingin sekali berjihad, namun aku tak mempunyai kemampuan untuk itu. ” Rasulullah lalu bertanya, “Apakah masih ada yang hidup diantara kedua orang tuamu? ” Lelaki itu menjawab, “Ibuku”, Rasul lalu bersabda, “bertakwalah kepada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Sebab bila engkau melakukan itu, engkau yaitu jamaah haji, umrah serta mujahid (Orang yang berjihad). ” (HR Ath Thabrani). 

3. Menghadiri Majelis Ilmu di Masjid
Umat muslim mempunyai kewajiban untuk mencari pengetahuan, entah itu saat muda maupun tua. Dan salah satunya adalah lewat cara menghadiri majelis ilmu yang diselenggarakan di masjid. 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barang siapa yang pergi ke masjid, ia tak menginginkan hal itu kecuali untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya. Maka ia memperoleh pahala seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji, sempurna hajinya. ” (HR ATh Thabrani). 

4. Menunaikan Umroh di Bulan Ramadhan
Salah satu kemuliaan yang terdapat bulan Ramadhan yaitu dilipatgandakannya pahala. Demikian juga bila seseorang melakukan umroh di bulan itu, maka Allah akan memberikannya pahala seperti ibadah haji. 

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Melaksanakan umroh di bulan Ramadhan itu (berpahala) seperti haji atau (seperti) haji bersamaku. ” (HR Muttafaqun ‘Alaih). 

5. Duduk di Masjid Setelah Shalat Subuh, Berdzikir Serta Melakukan Shalat Isyraq
Pahala ibadah haji juga bisa didapat setiap pagi yaitu dengan berdzikir di masjid setelah melakukan shalat subuh sampai matahari terbit serta melakukan shalat isyraq. Bahkan Rasulullah mengatakan amalan itu akan berpahala haji yang sempurna. 

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah bersabda, “Barang siapa shalat subuh berjamaah, lalu ia duduk (menunggu) sembari berdzikir sampai terbit matahari, lalu ia melakukan shalat dua rakaat, maka baginya pahala haji dan umroh, sempurna, sempurna, sempurna. ” (HR Tirmidzi). 

6. Berdzikir Setelah Shalat Wajib
Amalan paling akhir yang menghadirkan pahala berhaji yaitu dengan berdzikir setelah shalat wajib, seperti hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu. 

Dalam satu saat orang fakir dari kaum Muhajirin datang pada Rasulullah serta berkata, “Orang-orang kaya pergi membawa derajat yang tinggi serta tempat yang bergelimang nikmat. ” Nabi bertanya, “Apa itu? ” Mereka lalu berkata, “Mereka shalat sama seperti kami shalat serta mereka berpuasa sama dengan kami berpuasa. 

Hanya saja (bedanya) mereka mempunyai kelebihan harta hingga mereka dapat menunaikan ibadah haji, umroh, berjihad serta bersedekah (dengan hartanya, sementara kami tak bisa karena miskin). 

Lalu Rasulullah bersabda, “Apakah kalian ingin aku ajari sesuatu yang (bila kalian amalkan) kalian bisa mengungguli orang-orang yang mendahului kalian serta mengalahkan orang-orang setelah generasi kalian? Serta tak ada seorang pun yang lebih utama dari kalian, kecuali orang yang mengamalkan hal yang sama seperti yang kalian amalkan? ” 

Mereka menjawab, “Ya, Wahai Rasulullah. ” Beliau bersabda, “Kalian bertasbih, bertahmid serta bertakbir tiap tiap usai shalat (masing-masing) sebanyak 33 kali. ” (HR Muttafaqun Alaih). 

Demikian 6 amalan yang pahalanya setara dengan ibadah haji dan bisa kita amalkan walau hidup dalam kesederhanaan. Semoga Allah mempermudah kita melakukan semua amalan itu sehingga pahala berhaji juga dapat kita peroleh. Aamiin
Luar Biasanya Amalan Ini... Inilah 6 Amalan Yang Pahalanya Setara Dengan 7 Kali Ibadah Haji,, Masya Allah.... Luar Biasanya Amalan Ini... Inilah 6 Amalan Yang Pahalanya Setara Dengan 7 Kali Ibadah Haji,, Masya Allah.... Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 08.33 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech