Inilah Hukumnya Lelaki Memakai Gelang dan Perhiasan Lainnya Yang Menyerupai Wanita... Ini Akibatnya


Gelang yaitu salah satu aksesoris yang digunakan di pergelangan tangan. Tidak hanya wanita, gelang juga banyak digunakan oleh kaum pria. Gelang sendiri memiliki sebagian jenis bahan, seperti dari emas, perak, karet atau bahkan dari kain. 

Lalu bagaimana hukum memakai gelang untuk pria? Rasulullah SAW melarang kaum lelaki yang menyerupai wanita atau kaum hawa untuk menyerupai lelaki. 

Bahkan beliau melaknat untuk mereka yang melakukan sekian. Ibnu Abbas radhiyallahu `anhuma menyampaikan : 

لعن رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَي�'هِ وَسَلَّمَ المتشبهين من الرجال بالنساء، والمتشبهات من النساء بالرجال. رَوَاهُ ال�'بُخَارِيُّ. 

Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam melaknat lelaki yang menyerupai wanita serta wanita yang menyerupai lelaki. (HR. Bukhari). 

Menggunakan gelang adalah salah satu ciri khas kaum hawa. Dapat disebutkan kalau gelang yaitu perhiasan khusus untuk wanita. Karena hampir tak didapati orang-orang dengan akhlak serta pribadi baik melihat gelang yaitu perhiasan kaum pria.


Apa pun bahannya, golongan lelaki tak diijinkan menggunakan gelang. Telah jelas kalau tingkah laku itu ada unsur mirip (tasyabbuh) perempuan. Rasulullah SAW begitu tunjukkan penekanan atas larangan ini. 

Seperti pernah difatwakan oleh Ibnu Hajar Al Haitami rahimahullah dalam buku fatwa beliau : 

يحرم التشبه بهن أي : بالنساء بلبس زيهن المختص بهن اللازم في حقهن كلبس السوار والخلخال ونحوهما بخلاف لبس الخاتم 

“Diharamkan menyerupai kaum hawa dengan menggunakan perhiasan sebagai ciri khas mereka. Seperti menggunakan gelang, gelang kaki dan yang lainnya. Tidak sama dengan menggunakan cincin (pent. hukumnya bisa untuk lelaki asal bukan cincin emas) ” (Al Fatawa Al Fiqhiyyah Al Kubra 1/261). 

Gunakanlah perhiasan lain yang sesuai dengan tabi’at atau selera lelaki, tak menyelisihi keumuman masyarakat serta yang terutama tak melanggar aturan agama. 

Wallahua’lam.
Inilah Hukumnya Lelaki Memakai Gelang dan Perhiasan Lainnya Yang Menyerupai Wanita... Ini Akibatnya Inilah Hukumnya Lelaki Memakai Gelang dan Perhiasan Lainnya Yang Menyerupai Wanita... Ini Akibatnya Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 09.59 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech