Masya Allah... Inilah 5 Keutamaan Yang Paling Utama Sholat Berjalan Kaki Menuju Masjid Yang Harus Kamu Ketahui..!!


Begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk meraih pahala sebanyak mungkin. Salah satu yang tidak disangka-sangka yaitu berjalan kaki menuju masjid untuk melaksanakan salat. Walau sekarang ini bermacam jenis kendaraan dapat dengan cepat mengantarkan ke masjid, tetapi sebaiknya anda melakukan hal ini karena begitu banyak pahala serta keutamaannya. 

Nabi Muhammad SAW dalam satu hadist kisah Bukhari pernah melarang sahabatnya yang bakal geser dengan tujuan supaya rumahnya lebih dekat dengan masjid. Rasul mengatakan kalau mereka harus tetap tinggal di rumah lama, pasalnya semakin jauh masjid yang mereka tempuh, maka pahala yang terdaftar yaitu sejumlah jejak telapak kaki yang mereka langkahkan sampai ke masjid. Selain keutamaan itu, ada banyak keutamaan lain yang dapat dicapai kaum muslimin yang jalan kaki menuju masjid. 

5 Keutamaan Jalan Kaki Menuju Masjid Yang Harus Anda Ketahui 
Sumber : Infoyunik. com 

1. Mendapat Cahaya di Hari Kiamat 
Salah satu keutamaan yang akan diperoleh seorang bila rajin berjalan menuju masjid untuk menunaikan salat berjamaah yaitu memperoleh sinar pada hari kiamat nantinya. Terutama bila pengerjaannya waktu salat isya serta subuh. Hal ini berdasarkan penjelasan HR Abu Daud serta Tirmidzi yang artinya : 

“Berilah berita senang pada orang-orang yang 'berjalan' didalam kegelapan malam menuju masjid dengan cahaya yang akan diperolehnya pada hari kiamat. ” (Shahih HR. Abu Daud serta Tirmidzi). 

2. Dibangunkan Sebuah Rumah di Surga 
Keutamaan yang lain yang juga didapat dengan amalan ini yaitu janji Allah bakal membangunkan satu rumah di surga. Kita yang terjebak dalam kebiasaan pekerjaan sehari-hari mungkin akan jarang berpikir mengenai hal ini. Kalau sebenarnya rumah yang kekal sebenarnya yaitu di akhirat kelak, sementara dunia, hanya persinggahan sementara yang dilewati. 

Hingga tak adil bila kita hanya memperindah rumah kita didunia, sementara sekalipun tak pikirkan bagaimana rumah di akhirat kelak. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya : 

“Barangsiapa yang jalan menuju ke masjid (untuk solat) serta pulang setelahnya maka Allah akan sediakan satu rumah di surga untuk dia, baik saat pergi ataupun pulang. ” (Shahih HR. Ahmad). 

3. Setiap Satu Langkah Menghapus Satu Dosa 
Cara sederhana ini ternyata mempunyai keutamaan lain sebagai sarana meniadakan dosa. Setiap satu langkahnya, Allah SWT menjanjikan penghilangan satu dosa. Selain itu, Allah akan mengangkat derajad mereka yang jalan kaki ke masjid. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya : 

“Barang siapa bersuci di rumahnya lalu pergi ke masjid untuk menunaikan solat yang sudah Allah wajibkan padanya, maka setiap langkahnya menghapus satu dosa serta langkah yang satunya mengangkat satu tingkat derajatnya. ” (HR. Muslim)  

4. Ditinggikan Derajadnya 
Cobalah cermati orang-orang yang rajin datang ke masjid untuk shalat dengan berjalan kaki. Tak dapat disangkal orang-orang ini selalu menjadi bagian utama dalam satu sistem kemasyarakatan. Baik itu sebagai pengurus masjid, imam serta lain sebagainya. 

Hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata, kalau Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

“Maukah saya perlihatkan pada kalian suatu hal yang dengannya Allah menghapus dosa-dosa serta mengangkat derajat? ” Beberapa sahabat berkata, “Tentu, wahai Rasulullah”, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Menyempurnakan wudhu pada bebrapa waktu yang tidak disenangi (seperti sewaktu dingin), banyak melangkahkan kakinya menuju ke masjid, serta menanti shalat sesudah shalat, tersebut yang namanya ribath (mencurahkan diri dalam ketaatan) ”. (HR. Muslim) 

5. Akan Dilipatgandakan Pahalanya 
Keutamaan lainnya yang akan diperoleh dengan berjalan kaki menuju masjid yaitu Allah SWT melipatgandakan pahala untuknya. Abu Musa Radhiyallahu ‘anhu berkata kalau Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya orang yang terbesar pahalanya didalam shalat yaitu yang paling jauh berjalan menujunya. Jadi orang yang paling jauh serta 'orang yang menanti shalat hingga ia melakukannya bersama imam' semakin besar pahalanya dari pada orang yang shalat lalu tidur” (HR. Bukhari serta Muslim) 

Memang, ini yaitu cara yang gampang yang dapat dilakukan untuk mencapai sebanyak-banyaknya pahala. Tetapi untuk wujudkan salat berjalan kaki ke masjid tentu saja bukan hal mudah bila akan dipraktikan diera saat ini. Dengan beragam alasan duniawi, akhirat tampak kelam serta tak terpikirkan.

Semoga info ini bisa memberi pengetahuan anda mengenai agama Islam. Terimakasih telah membaca.
Masya Allah... Inilah 5 Keutamaan Yang Paling Utama Sholat Berjalan Kaki Menuju Masjid Yang Harus Kamu Ketahui..!! Masya Allah... Inilah 5 Keutamaan Yang Paling Utama Sholat Berjalan Kaki Menuju Masjid Yang Harus Kamu Ketahui..!! Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 20.25 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech