KABAR MENGEJUTKAN !! POLRI AKAN MENERAPKAN SIM RODA DUA BERDASARKAN KAPASITAS MESIN : SIM C, C1, Dan C2 Secepatnya Akan Diberlakukan..


Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 mengenai Jenis serta Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sudah resmi diberlakukan pada 6 Januari 2017 lalu. Dalam peraturan itu, ada penambahan kategori yang mendapat sorotan publik, yaitu ada penambahan dua jenis SIM C, yaitu SIM C1 serta SIM C2. 

SIM C1 ditujukan untuk pengguna sepeda motor dengan kemampuan mesin 250-500 cc, sementara SIM C2 untuk motor diatas 500 cc. Berdasarkan lampiran PP 60/2016 itu, terlihat ada tarif pengujian untuk penerbitan SIM C baru yang besarannya sama yakni Rp100 ribu. 

Kepala Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Royke Lumawa mengungkapkan, pembuatan SIM C1 serta SIM C2 belum dapat dilakukan mengingat sarana serta prasarana teknis masih selalu dilakukan oleh institusinya. 

" Peraturan Pemerintah itu akan diberlakukan secara bertahap, agar masyarakat tidak kaget dengan adanya aturan baru itu. Jadi pemberlakuan SIM C1 serta SIM C2 sedang disediakan, " kata Royke waktu dihubungi VIVA. co. id, di Jakarta, Selasa, 10 Januari 2017. 

Royke memastikan pemberlakuan tarif pembuatan SIM C1 serta SIM C2 akan efektif pada pertengahan tahun ini. Tetapi dia belum dapat memastikan waktu tepatnya tarif pembuatan dua jenis SIM C itu diberlakukan, mengingat segalanya masih disiapkan. 

" Dari dulu sebenarnya sarana serta prasarana pembuatan SIM C1 serta SIM C2 itu sudah siap, namun ingin kita sempurnakan lagi, karena kan dari dulu motor besar juga sudah ada, " tuturnya. 

Terpisah, Wakil Kepala Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Indrajit mengungkapkan, hingga sekarang ini pihaknya masih mempersiapkan tempat serta kendaraan untuk uji coba SIM C1 serta SIM C2. " Bila aturan di PP 60/2016 itu semua telah berlaku, hanya yang itu saja (SIM C1 serta SIM C2) yang belum, karena masih disiapkan, " singkatnya pada VIVA. co. id. (ms)

KABAR MENGEJUTKAN !! POLRI AKAN MENERAPKAN SIM RODA DUA BERDASARKAN KAPASITAS MESIN : SIM C, C1, Dan C2 Secepatnya Akan Diberlakukan.. KABAR MENGEJUTKAN !! POLRI AKAN MENERAPKAN SIM RODA DUA BERDASARKAN KAPASITAS MESIN : SIM C, C1, Dan C2 Secepatnya Akan Diberlakukan.. Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 14.30 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech