MITOS ATAU FAKTA : BENARKAH ARWAH ORANG YANG TELAH MENINGGAL MASIH BERADA DI DALAM RUMAH SELAMA 40 HARI?? Ini Penjelasannya


Ada sebagian orang yang mempunyai kepercayaan kalau arwah orang meninggal masih ada dirumah selama 40 hari, tetapi ada pula yang bertanya mengenai kebenarannya. Kalian atau teman kalian mungkin pernah mengalaminya dimana ada seorang sanak keluarga yang meninggal dunia dan lalu beberapa hari ada bebrapa peristiwa aneh atau bahkan beberapa suara yang dialami selama dirumah. 

Apakah benar Arwah Orang Meninggal Masih Ada di Rumah Selama 40 Hari? 

Muncullah spekulasi akan ada arwah yang baru saja meninggal itu dan akan ada dirumah selama empat puluh hari dari waktu kematiannya. Banyak yang percaya serta banyak yang tidak, namun sebaiknya yaitu melihat bagaimana sebenarnya pandangan Islam mengenai ini. 

Apakah benar Arwah Orang Meninggal Masih Ada di Rumah Selama 40 hari?

Arwah orang yang telah meninggal lalu masih tinggal dirumah selama 40 hari adalah kepercayaan para orang tua-tua jaman dulu, namun pada akhirnya menjadi kepercayaan turun-temurun, termasuk dipercayai juga oleh orang-orang muslim. 

Hal ini perlu di uraikan kebenarannya menurut Islam sendiri agar tak menjadi hal yang salah kaprah namun selalu dipercaya. Perlu diingat akan tiga hal pengecualian disini kalau orang yang sudah meninggal dunia, segala urusan duniawinya telah terputus, kecuali 3 hal berikut : 

- Doa oleh anak yang saleh. 
- Ilmu yang bermanfaat. 
- Amal Jariyah 

40 hari setelah orang meninggal tidaklah ada dirumah seperti yang kebanyakan orang katakan serta percayai karena memang tak ada Nash yang ditemukan menyebutkan hal itu. Karena bila ada dirumah, itu artinya si arwah masih berurusan dengan hal-hal dunia yang tidak dinyatakan oleh Nash manapun. Dalam bukunya, al-Ruh, dijelaskan oleh Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah kalau ada beberapa opini mengenai arwah atau ruh setelah meninggal hingga hari kiamat datang itu ada dimana. 


Pasti dari banyak opini itu tak ada sama sekali diterangkan kalau arwah-arwah akan bergentayangan. Untuk arwah orang-orang yang beriman, mereka akan merasakan ketentraman di alam barzakh yang luas dimana kesenangan serta rezeki melimpah di dalamnya. 

Rahasia dibalik 40 hari setelah orang yang beriman meninggal tempatnya yaitu di alam yang penuh dengan nikmat, sedangkan arwah orang-orang kafir akan merasakan siksa serta kesulitan di barzakh yang sempit. 

Allah SWT juga pernah berfirman kalau ada barzakh dihadapan mereka sampai pada waktunya mereka dibangkitkan. 

Bila masih ragu, ada hadits yang menjelaskan serta menceritakan runtutan kisah perjalanan arwah dari pencabutan oleh malaikat dari jasad yang lalu dibawa ke langit sebelum pengembalian kembali arwah ke jasadnya yang ada di alam kubur atau barzakh itu tadi. Kemudian, proses berlanjut dimana malaikat akan menanyainya agar dapat memutuskan dimana ia harus menunggu sampai hari kiamat itu datang. 

40 hari orang meninggal dipercaya arwahnya ada dirumah namun sesungguhnya nanti ia akan diletakkan oleh malaikat untuk menunggu hari kiamat sebelum ditetapkan apakah ia kelak akan di alam kubur penuh siksa atau yang penuh nikmat berdasarkan amal perbuatan selama ia masih hidup didunia. Waktu hari kiamat datang, maka mereka akan dibangkitkan kembali, yang intinya selama 40 hari arwah akan bergentayangan dirumah itu tidaklah ada karena sudah beda dimensi dengan orang-orang yang masih hidup. 

Hati-hati selalu akan iblis yang mencoba menjauhkan umat manusia dari jalan Allah SWT dengan menggoyahkan iman manusia itu untuk mempercayai hal-hal yang tidak masuk akal dan bahkan tidak ada di hadits atau Nash manapun.

Sebaiknya tak mempercayai arwah orang meninggal masih ada dirumah selama 40 hari karena ini salah satu cara iblis dan setan untuk membuat manusia terjerumus menjadi sesat.
MITOS ATAU FAKTA : BENARKAH ARWAH ORANG YANG TELAH MENINGGAL MASIH BERADA DI DALAM RUMAH SELAMA 40 HARI?? Ini Penjelasannya MITOS ATAU FAKTA : BENARKAH ARWAH ORANG YANG TELAH MENINGGAL MASIH BERADA DI DALAM RUMAH SELAMA 40 HARI?? Ini Penjelasannya Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 18.41 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech