TAHUKAH KALIAN SAUDARAKU,, TERNYATA HARI JUM'AT MERUPAKAN RAJANYA HARI DAN HAJINYA BAGI KAU FAKIR MISKIN.. INI PENJELASANNYA :


Ibadah haji adalah ibadah sunnah yang banyak diimpikan oleh setiap muslim untuk menyempurnakan rukun imannya yang ke-5, namun bagaimana untuk orang miskin yang tidak mempunyai biaya untuk menunaikan ibadah haji? Salah satu hari yang begitu istimewa untuk umat Islam yaitu hari jum’at karena setiap muslim menunaikan ibadah sholat jum’at yang mempunyai pahala yang berlipat ganda. Benarkah hari jum’at adalah hajinya kaum miskin? 

Setiap muslim lelaki yang sudah baligh berkewajiban untuk menunaikan ibadah sholat jum’at secara berjamaah di masjid. Sholat jum’at ini bisa memperkokoh persatuan serta persaudaraan umat muslim, selain itu banyak pahala yang sudah dijanjikan Allah SWT untuk hamba-Nya yang menunaikan ibadah sholat jum’at. Tahukah kamu, bahwa ternyata hari Jum'at adalah hajinya orang faqir dan miskin. 

Dalam hadits Nabi sudah dijelaskan kalau ibadah sholat jum’at sama seperti dengan ibadah haji untuk orang-orang yang miskin serta untuk seorang muslim yang bersegera untuk menunaikan ibadah sholat jum’at sama pahalanya dengan berqurban di Baitullah. 

Selain itu dalam hadits yang lain juga dijelaskan kalau setiap muslim yang menunaikan ibadah sholat jum’at secara berturut-turut sampai 40 kali maka pahalanya sama seperti dengan pahala ibadah haji di Baitullah. Rasulullah juga lebih menyukai seorang muslim yang mendirikan sholat jum’at dibanding dengan menunaikan ibadah haji. 

Allah SWT sudah memberi kemudahan serta kelapangan untuk seorang muslim yang miskin serta tak mampu untuk menunaikan ibadah haji ke Baitullah karena keterbatasan biaya. Untuk setiap muslim yang mendirikan sholat jum’at dengan bersungguh-sungguh dan secara terus menerus selama 40 kali maka dia berhak untuk memperoleh pahala yang sama dengan pahala seorang muslim yang menunaikan ibadah haji sunnah. Jadi sholat jum'at yaitu ibadah hajinya orang faqir miskin. 

Jadi sudah seharusnya kita tidak berkecil hati karena ketidakmapanan dalam segi finansial hingga tak mampu untuk menunaikan ibadah haji untuk menyempurnakan rukun islam yang ke-5. Setiap tahun biaya untuk naik haji semakin meningkat dengan tajam hingga banyak muslim yang memiliki kondisi ekonomi kurang mampu tidak bisa menunaikan ibadah haji yang mereka impikan. Tetapi untuk mereka tak perlu khawatir karena Allah SWT sudah memberi pahala yang sama dengan pahala menunaikan haji yakni pahala mendirikan sholat jum’at. 

Ibadah haji adalah ibadah sunnah yang diwajibkan untuk seorang muslim yang sudah mampu dari segi finansial ataupun dari segi kemampuan jasmani atau kesehatan, sedangkan untuk seorang muslim yang tidak mampu dari sisi finansial ataupun kesehatan maka tak diwajibkan untuk mereka. 

Tetapi seorang muslim bisa memiliki pahala ibadah haji bila mereka mendirikan ibadah sholat jum’at secara terus-menerus dengan khusyu’ serta ikhlas hanya semata-mata karena Allah SWT. Jadi telah seharusnya sebagai seorang muslim kita mendirikan sholat jum’at dengan semangat serta ikhlas karena menunaikan sholat jum’at sama seperti kita mendirikan ibadah haji. Bila sudah mengetahui kalau hari jumat harinya ibadah kaum miskin, jadi apakah Anda masih bermalas-malasan untuk menunaikan ibadah sholat jum’at? 

Sungguh ruginya untuk setiap muslim laki-laki yang meninggalkan ibadah sholat jum’at karena kesibukan dalam bekerja karena sejatinya semua yang dilakukan manusia didunia ini merupakan bekal mereka kelak diakhirat, selain itu menunaikan ibadah sholat jum’at untuk seorang muslim laki-laki yang sudah baligh adalah kewajiban baginya. Tetapi untuk seorang muslimah tak diwajibkan terutama untuk seorang muslimah muda maka disarankan baginya untuk menunaikan ibadah sholat dirumah saja untuk menghindari fitnah. 

Demikian informasi seputar keistimewaan hari jum'at sebagai rajanya hari, hajinya kaum miskin, jadi apakah Anda masih bermalas-malasan untuk menunaikan ibadah sholat jum’at?
TAHUKAH KALIAN SAUDARAKU,, TERNYATA HARI JUM'AT MERUPAKAN RAJANYA HARI DAN HAJINYA BAGI KAU FAKIR MISKIN.. INI PENJELASANNYA : TAHUKAH KALIAN SAUDARAKU,, TERNYATA HARI JUM'AT MERUPAKAN RAJANYA HARI DAN HAJINYA BAGI KAU FAKIR MISKIN.. INI PENJELASANNYA : Reviewed by Yeslin Aliana Putri on 09.52 Rating: 5

Recent Posts

Latest in Tech